Salah satu online marketplace terbesar Indonesia, Blibli.com, mengadakan mengadakan pelatihan digital marketing di SMK Ma’arif 1 Nanggulan, Rabu (26/1). Kegiatan ini digelar dalam rangka optimalisasi teknologi digital untuk meningkatkan “branding” SMK Ma’arif 1 Nangggulan sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan agar lebih dikenal masyarakat dan dunia industri.
Antusiasme peserta pelatihan digital marketing tersebut terlihat pada saat sesi tanya jawab di akhir kegiatan. Para peserta bertanya banyak hal mengenai seluk beluk pemasaran secara online. “Saya punya uneg-uneg mas, mengapa toko reseller saya justru punya rating dan penjualan lebih tinggi dibanding toko milik saya, padahal dia mengambil produk dari saya dan bahkan kami berdua berada dalam satu marketplace yang sama. Kok bisa begitu ya?”, demikian tanya Nanang Febrianto, salah satu guru di SMK Ma’arif 1 Nanggulan yang langsung disambut gelak tawa para peserta pelatihan.
Hadir dalam kesempatan tersebut, SME Sales Channel Associate Blibli.com, Willi Yatno ditemani kedua rekannya, Jessica Devina dan Samsul Arif. Sebagai marketplace dalam negeri, tentunya Blibli.com sangat berkomitmen mendorong UMKM produk lokal lebih dikenal. Hal inilah yang disampaikan oleh Willi Yatno dalam kesempatan tersebut, “Lewat SMK Ma’arif 1 Nanggulan, kita ingin membantu para pelaku UMKM di daerah Nanggulan dan sekitarnya. Melalui marketplace, tentunya produk akan lebih banyak dilihat calon pembeli daripada hanya dipasarkan via status WhatsApp.”, demikian kata Willi.
Lebih lanjut lagi, Willi Yatno juga menambahkan bahwa Blibli.com mendapatkan penghargaan Bank Indonesia Award dalam kategori penyelenggara platform digital teraktif dalam mendorong pengembangan UMKM lokal. “Para pelaku UMKM yang bergabung di Blibli.com akan diberikan pendampingan dari tim yang benar-benar khusus sampai mereka benar-benar bisa jualan online.”, tegas Willi Yatno. (@m)